Halaman

Minggu, 10 Maret 2013

Part of Speech



Part of Speech
Adalah kategori atau kelompok kata berdasarkan fungsinya di dalam sebuah kalimat. Part of Speech merupakan komponen penting yang harus dipelajari bagi siapa saja yang ingin mahir dalam bahasa Inggris. Part of Speech terdiri dari 8 bagian dan masing-masing bagian akan dijelaskan secara terperinci secara terpisah. Pada topik ini kami hanya akan membahasnya secara umum.
Pembagian Part of Speech
  1. Adjectives
  2. Adverbs
  3. Verbs
  4. Nouns
  5. Pronouns
  6. Prepositions
  7. Conjunctions
  8. Interjections
PENJELASAN :

Adjective
Adjective adalah kata yang digunakan untuk memberikan penjelasan ke kata benda. Kata benda (nouns) yang dimaksud ini termasuk kata penggantinya (pronouns).

contoh:
beautiful eyes (= mata yang indah). Mata yang bagaimana? mata yang indah.
green environment (= lingkungan hijau). Lingkungan yang bagaimana? lingkungan yang hijau.
square box (= kotak segi empat). Kotak yang bagaimana? kotak yang bersegi empat.



ADVERB ATAU KATA KETERANGAN
Sebuah adverb merupakan sebuah kata yang digunakan untuk menjelaskan kata kerja, sebuah kata sifat atau kata keterangan yang lain. Contohnya ada pada kata yang dicetak miring dibawah ini. Tanda yang paling mudah untuk mengenali suatu kata adalah adverb atau kata keterangan (adverb of manner) biasanya dibentuk dengan menambahkan kata akhiran –ly pada kata sifat. Contohnya kata great yang dirubah menjadi kata greatly, dan kata beautiful dirubah menjadi beautifully. (Catatan: perhatikan bahwa beberapa kata yang berakhiran -ly, seperti kata friendly dan lovely, bukanlah kata keterangan, tetapi kata sifat, yang mana dalam kasus ini akar katanya berasal dari kata benda. Ada juga kata sifat yang tidak bisa dilacak asal usulnya yang ber-suffiks –ly, seperti kata holy dan silly.
Cara untuk mengetahui bahwa satu kata masuk dalam kategori adverb bisa diketahui dengan memberikan beberapa pertanyaan seperti : Where, When, How dan To what extent

Verbs

(kata kerja) adalah kata yang menunjukkan nama perbuatan yang dilakukan oleh subyek, namun mungkin juga untuk menunjukkan keadaan. Verbs biasanya menjadi Predikat dari suatu kalimat.

Contoh:
  • Henry comes from London.
  • My brother studies in America.
  • She is very beautiful.
  • They are diligent.

NOUNS atau Kata Benda

Kata benda atau dalam bahasa inggris disebut NOUNS adalah semua kata yang menunjukkan benda. Mengapa sih belajar bahasa inggris harus tahu kata benda segala? tidak langsung saja belajar berbicara, menulis atau bercakap-cakap?. Ya, sebenarnya langsung praktek juga bisa, namun dengan mengerti istilah-istilahnya, dengan mengerti bagaimana komponen tata bahasa digunakan maka bahasa inggris anda akan bertambah baik, bahkan untuk mengembangkan ketrampilan bahasa inggris secara mandiri pun akan terasa jauh lebih mudah jika anda menguasai hal ini. Belajar bahasa inggris dimanapun dan dengan siapapun atau membaca buku pelajaran bahasa inggris apapun akan terasa mudah bagi Anda nanti. Percayalah pada saya, karena saya telah mengalaminya.

Pronoun
atau kata ganti adalah kata-kata yang digunakan untuk menggantikan orang atau benda. Ada 5 jenis kata ganti orang, yaitu yang berfungsi sebagai subject (Subject Pronouns), sebagai object (object pronoun), sebagai adjective (possessive adjectives), untuk menyatakan kepunyaan (possessive pronouns), dan untuk menyatakan refleksi diri (reflexive atau reciprocal pronouns).





Preposition
Preposisi atau kata depan adalah kata yang dihubungkan dengan kata yang lain sehingga mempunyai arti tersendiri.
Contoh:
By bus = dengan bus
By night = pada malam hari
By David = oleh david
By the river = dekat sungai

Conjunctions

Conjunction atau atau connector atau kata sambung adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan/menggabungkan kata dengan kata yang lain, phrase dengan phrase yang lain, atau clause dengan clause yang lain. Ada 3 tipe conjunctions: coordinating conjunctions, correlative conjunctions, dan subordinating conjunctions.


Interjections

Interjection adalah kata seru/interjeksi untuk mengungkapkan perasaan atau emosi yang kuat terhadap rasa kagum, heran, terkejut, sakit, sedih, senang, dan sebagainya. Bisa berupa kata, frase, maupun kalimat tunggal dan biasanya dipisahkan dengan tanda koma atau tanda seru.

Secara gramatikal, interjeksi tidak berkaitan langsung dalam unsur kalimat.

Ada dua jenis interjeksi, yaitu dalam bentuk kata/frase dan kalimat tunggal. Interjeksi berupa kata/frase bisa berdiri sendiri dan juga bisa digunakan dalam sebuah kalimat sebagai pelengkap, sedangkan interjeksi what dan how biasanya terletak di depan frase atau kalimat tunggal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar