PENDAHULUAN
Gudang Garam tumbuh
berdasarkan falsafah pendiri perusahaan yang kemudian dikembangkan menjadi
dasar tata kelola perusahaan yang baik. Nilai-nilai tersebut seterusnya
dijadikan panduan untuk senantiasa memenuhi tanggung jawab kepada karyawan dan
masyarakat sekitar.Gudang garam memiliki komitmen untuk menunaikan tanggung jawab sosial serta terus berkontribusi pada pembangunan masyarakat. Bagi kami, perwujudan tanggung jawab sosial pada masyarakat merupakan sebuah investasi bagi masa depan sekaligus kesempatan untuk memastikan agar perusahaan dan masyarakat dapat tumbuh bersama dan saling mendukung.
Melalui kerjasama dengan pemerintah
Kota Kediri dan Radar Kediri yang merupakan anggota Grup Jawa Pos, Gudang Garam
turut berperan secara aktif dalam kegiatan penyelamatan Daerah Aliran Sungai
(DAS) Brantas dalam kegiatan "Ekspedisi Brantas" dengan menanam
pohon. Selain itu kami juga menebar benih ikan untuk pengembangan komunitas
budidaya ikan. Gudang Garam terus mendukung upaya masyarakat meningkatkan
kebersihan lingkungan dan memperbaiki kondisi kesehatan. Perseroan juga
menyumbangkan berbagai fasilitas untuk menciptakan sekaligus memelihara
lingkungan sekitar dan alam yang lebih hijau.
Gudang Garam dapat mencapai posisi
saat ini antara lain berkat dukungan dari masyarakat sekitarnya. Untuk itu,
Perseroan menganggap perlu untuk mempertahankan hubungan ini melalui
program-program kegiatan sosial yang menciptakan keharmonisan dan sinergi
dengan kegiatan sosial pemerintah daerah setempat. Pada tahun 2013, Perseroan
memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok kepada sejumlah yayasan, panti asuhan,
panti wreda dan panti cacat. Kami juga merenovasi rumah tidak layak huni bagi
warga di Kediri dan juga mendanai kegiatan pengadaan kamar mandi, kamar kecil
dan tempat mencuci dengan memasang pipa dan bak air untuk meningkatkan
kesehatan masyarakat dan prasarana bagi warga setempat.
Teori
Pengertian
Corporate Social Responsibility (CSR)
Tanggung
jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu
konsep yang mengajarkan bahwa suatu organisasi/perusahaan memiliki tanggung
jawab tidak hanya pada kondisi finansial saja, tetapi juga terhadap pihak-pihak
yang memiliki kepentingan atas perusahaan tersebut, seperti konsumen, karyawan,
pemegang saham, komunitas dan lingkungan, dari sisi ekonomi, sosial dan
lingkungan. Dengan menganut konsep ini, sebuah perusahaan tidak hanya terpaut
terhadap tujuan finansial saja, tetapi juga memiliki peran yang sangat penting
dalam ikut menyejahterakan kehidupan orang banyak.
Alasan
melibatkan CSR dalam operasional perusahaan :
- Sumber Daya Manusia
Salah
satu perusahaan melaksanakan CSR adalah untuk menarik SDM yang memiliki
antusias yang sama dalam bidang sosial untuk membantu masyarakat. Dengan tujuan
yang sama, maka dalam menjalankan usahanya, dapat berjalan lancar,
karena
perusahaan dan karyawannya memiliki tujuan yang sama, yaitu bukan hanya profit,
tetapi juga kontribusi terhadap kesejahteraan banyak orang.
- Manajemen Risiko
Risiko
dapat diperkecil dengan menggunakan konsep CSR dalam operasional, karena sistem
yang digunakan cenderung transparan, sehingga risiko untuk melakukan perbuatan
yang melanggar hukum juga akan berkurang, seperti KKN, pencemaran lingkungan
dan sebagainya.
- Membedakan Merk
Perusahaan
bisa menggunakan CSR untuk menciptakan loyalitas konsumen karena konsumen
seperti dasarnya manusia, memiliki sifat sosial dan simpati terhadap
lingkungan. Dengan memperhatikan tujuan perusahaan, konsumen jadi tertarik
untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan tersebut, karena kedua pihak
memiliki paham yang sama dalam bidang sosial dan lingkungan.
- Izin Usaha
Dengan
menerapkan CSR, maka perusahaan akan mendapatkan image sebagai
perusahaan yang tidak hanya mengejar keuntungan semata, tetapi juga sebagai
perusahaan yang peduli terhadap kondisi sosial dan lingkungan, baik domestik
maupun global. Dengan image seperti itu, perusahaan mendapatkan lebih
banyak kemudahan dalam mendapat izin dari pemerintah untuk beroperasi, baik di
dalam negeri maupun luar negeri.
ANALISIS
Menurut
penulis perusahaan gudang garam berkomitmen membangun perusahaan berbasis
lingkungan yang memerhatikan lingkungan sekitar, hal yang dilakukan adalah
dengan memerhatikan masyarakat sekitar dan membuka ruang untuk masyarakat sekitar
untuk maju dengan member fasilitas beasiswa dan dengan cara menjadi sponsor di
berbagai event besar yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar